Kamis, 05 Januari 2012

1st Time: Jaga Ujian



Siang tadi, saya diajak membantu mengawasi ujian Metodologi dari adik-adik semester V. Ini adalah pengalaman pertama saya ngawasi ujian mahasiswa S1. Satu kesan awal yang melekat pada kepala saya adalah: ‘LUCU’ XD

Saya dan teman saya yang sama-sama pertama kali jadi pengawas sama-sama berpendapat demikian.
Segera setelah ujian berjalan, teman saya menghampiri saya sambil menahan tawa, “Eh ternyata kalo nyontek tuh kelihatan banget ya…?”
Yang saya tanggapi dengan tawa cekikikan XD

Ternyata memang benar ya, seperti apapun pinternya seseorang itu nyontek, dosen selalu tahu.
Kapasitas ruang ujian tadi adalah sekitar 80 mahasiswa. Beberapa mahasiswa berhasil membuat saya tertarik dengan tetap terang-terangan nyontek di depan pengawas.

Caranya?
Secara vulgar langsung saja dia noleh dan mencondongkan badan ke teman yang ada di kanannya, bertanya dengan gerakan bibir yang tidak ditutup-tutupi dan mengangguk-angguk dengan keras setelah dapat jawabannya, plus dengan segera dia menghitamkan bulatan jawabannya. 
Pokoknya gak ada anggun-anggunnya gitu deh nyonteknya XD
Lebih hebat lagi, padahal saat itu saya sedang berdiri dengan jarak sekitar dua bangku darinya dan dia tidak ambil pusing dengan keberadaan saya
f(-__-“)
Beberapa menit kemudian, seorang supervisor senior masuk ke kelas dan menyampaikan beberapa ralat.
Dan seorang adik mahasiswa bertanya pada saya yang kebetulan berdiri di dekatnya, “Mbak, tadi yang diralat nomer berapa ya?”
Disitulah saya sadar: 
Oooh… iya bener juga sih… 
sebelumnya saya belum pernah masuk kelas buat tutorial maupun ngajar, karena SK dosen saya turun pas minggu tenang. 
Sialnya pula, saya hari itu habis ikutan acara Dies Natalis UB dan dikasi peraturan khusus dosen baru buat pake baju atasan putih. 
Jadi, wajar saja kalau manggil saya ‘mbak’, soalnya saya dikira petugas admin baru atau gimana gitu kali ya…? XD
Dalam hati saya sudah ngakak guling-guling karena sadar hal ini.

Segala bentuk penyontekan bisa kelihatan loh ternyata,
Mulai dari yang vulgar kayak diatas tadi, 
sampe yang mild
Mild disini jadi sambil nunduk sambil nglirik teman sebelahnya,
Atau yang agak elegan adalah nglirik pengawasnya dulu, begitu si pengawas sudah ndak ngeliatin, baru dia noleh, secepat kilat dan selaju angin bertanya jawaban dan segera nggethu sama kertas LJK-nya begitu si pengawas noleh ke arahnya lagi,

Padahal lho ya, saya walaupun noleh tapi langsung nglirik ke arah sebelum saya noleh,
Dan segera menahan diri supaya tawa saya tidak meledak XD

Ada juga yang nyonteknya model invisible man, yang ini saya akui keren,
Jadi si adik mahasiswa X ini duduk di lantai yang lebih tinggi dari teman di depannya (sebut saja mahasiswa Y),
Nah, si mahasiswa Y ini lagi tukeran nyontek dengan cara mencondongkan badan dengan penuh semangat ke samping kirinya, sehingga otomatis LJKnya terekspos sama mahasiswa X,

Jadi si mahasiswa X ini ndak usah repot-repot tanya, langsung deh segera nggethu sama LJKnya sendiri,
Herannya, kok ya bisa si X ini nyocokin jawabannya sama jawaban Y? Padahal kan cuman LJK yang tulisannya kuecil gitu kalo dari kejauhan… keren banget…
(-__-“)b

Tapi, yang paling keren yang satu ini,

Jadi saya sedang bersandar di tembok, berdiri di samping seorang adik mahasiswa dengan jarak sekitar 45 cm dari bangkunya,
Awalnya sih baik-baik saja, tapi saya kaget SEKALI ketika tiba-tiba si adik mahasiswa ini memanggil teman di depannya dengan cara memukulkan naskah soalnya ke teman di depannya itu,
Lhoh? Lhoh? Saya mengerjapkan mata beberapa kali buat mencerna apa yang barusan terjadi,

Dan memang itu yang tadi terjadi,
Si adik mahasiswa yang duduk di dekat saya berdiri ini memang tadi memanggil teman di depannya pakai naskah soalnya,
Lha aku berdiri di sini dianggap apaan nih?
Kayaknya ndak mungkin deh adik itu tadi tidak tahu saya berdiri di situ… tolong ya…
Ini gak cuma vulgar, tapi ini parah XD

Sepertinya saya memang dikira orang ndak penting kali ya, 
jadi mau nyontek model apapun kan saya bukan supervisor mereka… 
kan saya (seseorang yang sepertinya dianggap) petugas admin yang ndak perlu ditakuti dan tidak berhak menegur, hehehehe XD

Intinya adalah benar kata guru-guru saya sejak saya kecil dulu:
“Guru selalu tahu ketika murid mencontek, entah seperti apapun caranya, soalnya itu naluri para guru,”
Tapi jujur, saya ndak nyangka kalau bakalan sekonyol ini 'tampilan'-nya XD 


Saya marah?
Tidak juga,
Saya sebel?
Tidak kok,
Justru, saya ngakak sambil nulis tulisan ini XD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah membaca, have a good day!