Kamis, 29 Desember 2011

Yuk Mari Mencuciii..!!


Ini sebuah cerita saya yang terjadi di tanggal 28 Des 2010 di garasi rumah saya.
Garasi?
Yupi, karena ceritanya yang saya cuci ini mobil :D
Sekedar prolog, mencuci mobil adalah salah satu rutinitas yang saya nikmati,
Emang sih saya cewek, dan beberapa bilang kalo cuci mobil bukan kerjaan cewek,
tapi kadang kalau pas ada tamu di rumah, mereka biasanya memuji saya, katanya saya rajin, hehehe :p
*padahal sebenarnya bukan itu alasan saya sering nyuci mobil*

Berawal dari hujan yang mengguyur kampus, saya pun menemukan mobil Vist* milik ibu saya (yang sering saya pake ngampus kalo musim hujan), dalam kondisi… er… menyedihkan…
Nampak mblundus gitu, soalnya debu-debu jalanan yang nempel di kaca depan berbaur sama air hujan yang mengering, sehingga nampak mengerikan f(-__-“)
Wah ya sudah, otak saya langsung merancang waktu khusus buat mencuci mobil, sempet terbersit rasa males juga sih, tapi akhirnya nggak jadi males :D

Garasi rumah saya itu menanjak, jadi lumayan nyaman kalo dipake nyuci, soalnya air nggak menggenang, dan karena menanjak itulah, saya pernah membuat mobil Vist* ini kecantol pagar garasi sampe mbeset panjang f(-__-“)
yah itu cerita lain deh.. kembali ke mencuci mobil,

Segera setelah saya memarkir mobil di garasi, dengan masih berpakaian lengkap, eh maksud saya, masih berpakaian necis gaya anak kampus gitu, saya ngambil selang air dan memulai aktivitas cuci mobil ini,
Kok gak ganti baju dulu?
Ceritanya gini, kalau nanti pake masuk rumah dulu, pasti nantinya males keluar lagi, hahahaha, gak jadi deh cuci mobilnya XD
Jadi cukuplah saya ganti sandal jepit merk swall*w yang putih putih itu dan mulai mencuci.

Dengan memakai selang biru yang sudah ada di garasi entah-sejak-kapan, saya mengguyur seluruh mobil.
Sekedar share, ada beberapa hal penting yang sangat saya perhatikan saat mencuci mobil:

·       Saya selalu membasahi mobil dengan air sebelum nyabun.
Beberapa orang sempet bilang kalau sebenarnya langsung disabun saja cukup (sabunnya sudah diencerkan dan ditaruh di semprotan dan dilap langsung), ndak usah dibasahi air dulu. Tapi saya sangat tidak setuju.
Kenapa? Karena itu menyebabkan sabun nyampur dengan kotoran yang ada di mobil. Jadinya mengerikan sekali.
Suer.
Mengerikan.
Dan setelah saya mencoba sekali, saya tidak pernah melakukannya lagi.

·       Saya membuat air nyemprot dengan keras di bagian-bagian bekas cipratan genangan air di jalan. Kenapa? Karena kalau ndak gitu, nanti susah dibersihkannya, salah-salah malah ngerusak cat mobil f(-__-“).
Efek sampingnya? Ya seluruh garasi jadi basah, hehehehe :p

·       Saya selalu membagi mobil saya menjadi tiga sampai empat level berdasarkan ketinggiannya. Maksudnya, jadi saya nyabunnya tiga sampai empat tahap.

Tahap pertama saya nyabun bagian kaca mobil. Nyabunnya ini pun saya mulai dari samping, trus ke belakang, trus ke samping satunya, dan terakhir adalah kaca depan. Kenapa? Karena kaca depan itu selalu yang paling kotor dari kaca-kaca lainnya :)

Tahap kedua saya nyabun bagian pertengahan dari mobil, batasnya dari bawah kaca mobil sampe diatas ban. Urutannya sama: samping belakang samping depan. Kap depan selalu paling kotor juga :p

Tahap ketiga, saya nyabun bagian terbawah, yang sejajar ban, biasanya ini bagian yang kotor banget, terutama pas musim hujan, kalo yang ini sih saya ndak pake urutan, soalnya bagian yang dekat ban hampir selalu kotor.

Tahap pre-pertama (hehehe, bahasa maksa) adalah membersihkan atap mobil. Ini cukup jarang saya lakukan. Kenapa? Karena  saya males manjat kursi buat mbersihkan, hehehe… tapi idealnya tahap ini dilakukannya awal sendiri sebelum tahap pertama DAN lap/busa yang dipake mbersihkan atap harus dicuci bersih dulu sbelum dipakai mbersihkan kaca. Kenapa? Karena bagian atap itu juga salah satu bagian terkotor dari mobil.

Ribet ya cara saya nyuci? Hahaha XD Tapi berhubung sudah terbiasa, jadi ya saya bisa melakukannya dengan cepat. Apalagi kan mobilnya kecil, jadi gak makan terlalu banyak ATP :D

·       Setelah proses menyabun selesai, saya bilas lagi pake air dan saya "tiriskan" mobil tsb sekitar 15-20 menit.
Estimasinya, kalo sudah lewat 15-20 menit, sebagian besar bagian mobil sudah berangsur kering dan meninggalkan sisa-sisa air yang belum kering.
Nah, sisa air yang masih nempel di mobil itu saya lap pake lap kain yang kering. Tujuannya, biar kalau sudah kering nanti, mobilnya ndak bentol-bentol bekas air yang mengering.
Lucu dan aneh banget gitu tampilannya kalau (terutama di kaca depan) ada bunder-bunder di mobil, iya gak sih? Apa cuman saya yg mikir gitu? XD

Dan simsalabim..!! Jadi deh mobil Vist* kami jadi cakep lagi dan clink clink *bangga* :D
Dan selesailah ritual membersihkan mobil saya hari itu. Maka saya masuk dan mulai menyetel laptop buat nonton Persona episode 12 yang baru selesai saya donlod,

Tiba-tiba saya dengar suara motor adek saya, jadi saya lari kedepan buat membukakan pagar (di rumah saya ada semacam kebiasaan bahwa setiap siapapun yang pulang, yg di rumah harus bukakan pintu).
 Dan,
Adek saya pun menemukan bahwa saya barusan nyuci mobil,
Dan nyeletuk, “Mbak, sering cuci mobil, ndak pingin nyuci Pipin ta?” (Pipin itu nama motor yg sedang dipake adek saya, nama lengkpanya S*zuki Spin),
Mendengar adek saya bilang gitu, makjlebbb!!! Iya sih, saya ndak pernah nyuci motor, paling cuman ngelap aja,

Ah, seandainya motor bisa ngomong, dia pasti cemburu deh...
dan berbekal pemikiran konyol nan sederhana inilah akhirnya saya jadi nyuci motor juga :D

Jadi, tanggal 28 Desember kemarin saya tetapkan menjadi Hari Mencuci Akhir Tahun. Sampai jumpa di Hari Mencuci Awal Tahuuun \ (^o^) /

NB: oiya, di awal td kan sy bilang: "padahal bukan itu alasan saya cuci mobil," jadi sebenarnya, alasan saya sering cuci mobil adalah supaya mobilnya kelihatan sama cantiknya sama saya, hahahahaha XD
gak seru banget sih, orang cantik mobilnya mblundus :p

2 komentar:

  1. jadi ini penyebab kata2 swall*w muncul?
    hem, sepertinya akhir tahun ajang pembersihan ya, bersihin rumah juga ga?

    BalasHapus
  2. iya lah... bersih-bersih akhir tahun,
    masa cuman mall aja yg bisa? saya juga bisa lhoo XD

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca, have a good day!