Minggu, 04 Maret 2012

Persona 4 The Animation


Opening Note

Kalau review saya sebelumnya tentang definisi Persona, nah sekarang saya mereview tentang anime berjudul sama. 

Kenapa saya membuat review ini? 

Karena ini anime yang bagus, dan saya rasa perlu dishare dengan banyak orang. Jaman sekarang ini banyak anime beredar, mulai dari yang gak genah sampe yang sarat makna. Persona 4 The Animation diangkat dari Game besutan Atlus: Persona 4, yang menuai sukses tahun 2011 kemarin. 
Buat para gamer, mungkin game ini sudah tidak asing lagi, tapi buat yang baru pertama kali ini baca tentang Persona, siapa tahu laman ini bisa menghibur dan memberi informasi tentang apa sih Persona itu. 
Gak perlu main gamenya buat nyambung sama cerita anime ini. Karena seperti halnya versi manga Persona 4, versi anime dari Persona 4 juga memiliki alur cerita sendiri dari awal hingga akhir, walaupun tidak terlalu jauh beda dengan gamenya. Jadi jangan khawatir, siapapun pasti bisa tetep menikmati anime ini J


Judul                        : Persona 4 The Animation
Format                     : Anime Series
Developer                : Aniplex-Atlus
On air                      : Oktober 2011-sekarang

OST                         
Opening
1. Pursuing My True Self (ini juga opening di game)
2. Sky’s The Limit
3. True Story
4. Key Plus Words
5. Burn My Dread

Ending
1. Sky’s The Limit
2. Beauty of Destiny
3. Koisuru Meitantei
4. The Way of Memories

Background music, insert song: seluruh album Never More –Reincarnation—

(i don't own this anime, i don't own any Persona, but i do own this review and this blog ^^v)


Cerita dimulai saat Yu Narukami pindah ke kota kecil yang bernama Inaba. Pada malam hari kedatangannya di Inaba, ia tidak sengaja menatap televisi dan mendengar suara dalam dirinya sendiri. Yu yang kebingungan tanpa sadar menyentuh layar televisi dan terkejut saat ia nyaris tersedot masuk ke dalam televisi. 
Yu kemudian menemukan bahwa ia memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam dunia di balik televisi, dan dengan bantuan teman-temannya ia mencoba memecahkan kasus pembunuhan misterius yang terjadi di Inaba, yang ternyata berhubungan dengan dunia di balik TV. Yu dkk terlibat eksplorasi dunia di balik televisi, yang mereka yakini sebagai cara terbunuhnya korban secara misterius dan mengenaskan.

Yu berusaha membuka lapis demi lapis misteri yang terjadi di balik legenda malam berkabut di Inaba, hingga akhirnya ia menemukan pola tertentu dari pembunuhan misterius tersebut: setiap orang yang mendadak menjadi bahan pembicaraan di Inaba akan menjadi sasaran pembunuhan. Dari pola tersebut, Yu dkk berusaha mencegah upaya pembunuhan berlanjut sambil mencari tahu siapa dalang di balik pembunuhan yang sama sekali tidak meninggalkan trace apapun itu.

Tak hanya harus memecahkan misteri pembunuhan misterius, Yu (seperti di versi gamenya) harus bisa menyeimbangkan kehidupannya sehari-hari diantara keluarga dan teman-temannya. Ia butuh ‘ikatan’ (bond) untuk memperkuat Persona miliknya agar tetap dapat memecahkan permasalahan di Inaba.
Seperti pada versi game, setiap bond yang ditemukan oleh Yu akan bermanifestasi sebagai Arcana. Arcana akan memungkinkan Yu untuk mensummon berbagai macam Persona yang merepresentasikan Arcana tersebut. Setiap Arcana Persona yang didapat Yu terekam dalam Compendium yang dibawa oleh Margaret.


Persona
 Definisi Persona dalam serial Persona 4 adalah shift dari Shadow, yaitu bentukan yang muncul dari ego yang disupresi (human ego given form). Shadow muncul sebagai sisi diri yang ditolak, dan menuntut untuk diterima sebagai bagian dari diri. Shadow yang diterima oleh diri, akan mengalami shift menjadi Persona. Persona akan terealisasi keluar saat berada di dunia di balik televisi, dan terinternalisasi kedalam saat berada di dunia manusia.



-The Investigation Team-

Yu Narukami

Arcana: Fool
Persona: Izanagi, Izanagi no Ookami, dan semua Persona dari semua Arcana
Alias: Souji Seta (versi manga)

Yu merupakan anak dari pasangan super sibuk yang tidak sempat mengurus dirinya sehingga walaupun tinggal di kota besar dan serba kecukupan, Yu selalu berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kerabat ke kerabat lain. 
Saat Yu datang ke Inaba untuk tinggal dengan keluarga Dojima, ia menemukan bahwa ia memiliki kemampuan membuka portal ke dunia di balik televisi. Dalam satu tahun, Yu harus memecahkan misteri pembunuhan misterius yang terjadi di Inaba.
Agak berbeda dengan versi gamenya, di versi anime ini Yu digambarkan sebagai remaja jenius, dengan kepribadian yang… er… menurut saya sih, ‘aneh’. Yu bisa jadi sangat cool dan bisa jadi sangat ancur sekaligus. Namun, Yu memiliki kemampuan alami untuk menempatkan diri di antara banyak orang sehingga ia banyak disukai.
Secara natural, karena Yu adalah yang pertama mendapatkan Persona, ia menjadi leader diantara teman-temannya. Petualangan Yu tak hanya didampingi oleh teman-temannya, tapi juga oleh Margaret dan Igor, dari sebuah ruang yang disebut Velvet Room yang hanya dapat dimasuki oleh Yu (dan Kuma). 
Yu adalah erabareshimono (the chosen one) yang dipilih oleh salah satu spirit dalam legenda yang menghuni Inaba, dan karenanya Yu tidak pernah menghadapi Shadow dari dirinya sendiri. 
Yu akhirnya menemukan adanya hubungan antara pembunuhan misterius, mayonaka terebi, kabut tebal dan legenda dari kota Inaba sendiri.


Yosuke Hanamura

Arcana: Magician
Persona: Jiraiya, Susano-O

Yu’ s best buddy. Seperti halnya Yu, Yosuke juga murid pindahan dari perkotaan yang hijrah ke Inaba. Ia datang ke Inaba 6 bulan sebelum Yu karena orang tuanya dipindahtugaskan ke Inaba untuk mengelola sebuah supermarket bernama Junes. Ia dijuluki ‘Junesu ouji’ alias Prince of Junes oleh orang-orang di Inaba. Namun, keberadaan Junes mematikan toko-toko tradisional di Inaba, sehingga banyak orang yang membenci keberadaan Junes, sekaligus membenci Yosuke.
Yosuke jatuh cinta (tapi bertepuk sebelah tangan) pada Saki Konishi, seorang pegawai di Junes, namun ternyata Saki terbunuh secara misterius dengan cara yang mengenaskan. Hal tersebut merupakan awal keterlibatan Yosuke dalam upaya pemecahan kasus pembunuhan misterius tersebut.
Berbeda dengan Yu yang ‘diam-diam aneh’, Yosuke punya kepribadian yang rame. Suaranya selalu kedengaran deh pokoknya kalo sudah mulai diskusi masalah dunia di balik TV. Dia mungkin orang paling usil yang pernah ditemui Yu, dan Chie, dan sering membuat kedua sahabatnya tersebut (terutama sekali, Chie) uring-uringan.
Hal yang paling menyulut emosi Yosuke adalah jika diingatkan soal kematian Saki. Dalam versi game, Yosuke diam-diam iri pada Souji (Yu) dan sempat berkelahi dengan Souji (Yu) dan mendapatkan hasil draw
Shadow Yosuke merepresentasikan rasa khawatir Yosuke tidak diterima oleh lingkungannya, yang selama ini disembunyikan di balik sikap cuek dan happy go lucky yang ia tunjukkan


Chie Satonaka

Arcana: Chariot
Persona: Tomoe, Suzuka Gongen 

Tomboy, jago kungfu, suka makan steak. Pada versi game, ia duduk sebangku dengan Yu. Chie akrab dengan semua orang, termasuk Yosuke, walaupun banyak orang tidak suka dengan Yosuke. Sahabat terdekat Chie adalah Yukiko dan Chie sangat sangat sangaaaattt protektif terhadap Yukiko.
Chie adalah yang pertama kali memberi tahu Yu dan Yosuke tentang rumor ‘mayonaka terebi’ alias ‘midnight channel’. Awal keterlibatan Chie dengan upaya pemecahan kasus pembunuhan misterius adalah saat Yukiko muncul di ‘mayonaka terebi’ dan menghilang tanpa diketahui keberadaannya. Chie (dengan bantuan Yu dan Yosuke) berusaha menemukan Yukiko sebelum sahabatnya itu menjadi korban pembunuhan.
Jauh di dalam hatinya, Chie iri pada Yukiko yang sedari kecil identik dengan julukan gadis tercantik di Inaba. Ia juga iri pada kecerdasan Yukiko sehingga ia selalu diperhatikan oleh guru-guru mereka. Chie sadar ia tak bisa menjadi Yukiko, namun ia berjanji akan selalu menjaga Yukiko.
Awal persahabatan Chie dan Yukiko adalah saat Chie menemukan Yukiko menangis sambil membawa anak anjing. Chie kecil memutuskan untuk memelihara anjing tersebut sehingga Yukiko tidak harus membuangnya. 
Shadow Chie merepresentasikan keinginan untuk menjadi lebih unggul daripada Yukiko, yang selama ini direpresi oleh Chie.


Kuma

Arcana: Star
Persona: Kintoki-douji, Kamui
Alias: Teddie, Kumada (dalam wujud manusia)

Penghuni asli dunia di balik tv, dengan kepribadian yang rame dan kekanakan. Awalnya ia ‘karappo’ alias kosong (tidak punya wujud lagi dibalik wujud beruangnya), namun sejak mendapatkan Persona, ia membuat wujudnya sendiri sesuai dengan imajinasinya tentang manusia. Kuma kemudian membuka portal dunianya dan menyeberang ke dunia manusia untuk tinggal dengan teman-teman manusianya.
Baik dalam wujud beruang maupun manusia, Kuma selalu menyelipkan kata ‘kuma’ atau ‘bear’ (pada versi game) pada setiap kalimat yang diucapkannya. Pada dunia manusia, Kuma tinggal bersama Yosuke dan bekerja paruh waktu sebagai ‘maskot’ Junes
Kuma cinta mati sama popsicle dan segala yang manis. Seperti halnya beruang pada umumnya, ia sering mengendus kesana kemari. Kuma juga sangat genit pada cewek, sering membuat Yukiko sebal dengan menyebut ‘scoring a hot stud’ XD
Kuma terus mencari jati dirinya karena ia tidak bisa mengingat masa lalunya sebelum bertemu Yu dkk. Pada versi game, Kuma menyalahkan dirinya terus menerus saat Nanako meninggal, dan ia akhirnya sampai di Velvet Room dengan sebuah ingatan tentang jati dirinya yang sebenarnya. 
Shadow Kuma merepresentasikan rasa takut Kuma akan perasaan ‘tidak berarti’ akibat ia tidak tahu siapa dirinya (“there is no real me”), yang selama ini tersembunyi dibalik semangatnya membantu Yu.


Yukiko Amagi

Arcana: Priestess
Persona: Konohana Sakuya, Amaterasu 

Arti nama Yukiko adalah ‘yuki no ko’ alias ‘snow child’, dan ia mengalami krisis kepercayaan diri karena nama tersebut. Ia merasa dirinya seperti halnya salju, yang hanya bersifat sementara dan akan mencair segera setelah matahari bersinar kembali. Yukiko merasa terkungkung dengan kewajibannya sebagai pewaris Amagiya, sebuah penginapan dengan onsen yang ternama di Inaba. Jauh di dalam dirinya, ia ingin pergi sejauh mungkin dari Inaba dan memulai kehidupannya sendiri.
Yukiko pernah memelihara seekor burung dalam sangkar, dan menyamakan dirinya dengan burung tersebut (sama-sama cantik, tapi di dalam sangkar), dan hatinya hancur saat burung peliharaannya ternyata berhasil kabur dari sangkar tersebut.
Tak hanya dikaruniai wajah yang cantik, Yukiko juga seorang gadis yang cerdas. Ia merupakan gadis idola di Inaba, dan siapapun yang mendekatinya harus melalui sebuah trial yang disebut ‘Amagi challenge’, karena Yukiko adalah seorang yang dense soal romantika :p
Yukiko sesungguhnya iri pada Chie yang mudah bergaul dan terlihat bebas melakukan apapun. Namun setelah mengetahui Chie juga iri padanya, keduanya pun saling membantu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Yukiko memiliki kebiasaan tersembunyi berupa ‘laughing fits’ alias ketawa gak berhenti-berhenti, yang hanya ditunjukkannya di depan orang-orang terdekatnya. 
Shadow Yukiko merepresentasikan keinginan tersembunyinya untuk diselamatkan oleh seseorang yang akan membawanya pergi dari Inaba, yang selama ini selalu ia represi demi keluarganya.


Kanji Tatsumi

Arcana: Emperor
Persona: Take Mikazuchi, Rokuten Ma-Ou 

Delinquent adalah julukan yang melekat pada Kanji sejak ia sendirian mengalahkan seluruh geng sepeda motor yang mengacau Inaba. Ia justru sempat ditahan polisi karena aksinya tersebut. Hal tersebut menjadikan Kanji ditakuti sekaligus dibenci oleh orang-orang sekitarnya. 
Tak ada yang tahu bahwa alasannya menyerang geng sepeda motor adalah karena mereka membuat kegaduhan sehingga ibunya tidak bisa istirahat di malam hari.
Kanji tinggal berdua dengan ibunya di sebuah toko tekstil tradisional dan mewarisi keterampilan ibunya dalam hal jahit menjahit. Hal ini jugalah yang membuat teman-teman perempuannya di sekolah menjauhi Kanji karena menganggap Kanji ‘aneh’.
Karena kemampuan (dan hobinya) dalam jahit menjahit, Kanji justru mengalami krisis kepribadian. Ia mulai mempertanyakan orientasi seksualnya. 
Kanji membenci dirinya sendiri yang takut pada wanita (selain ibunya). Ia sempat kelabakan saat Naoto menjemputnya saat pulang sekolah, karena secara nyata ia memang tertarik pada Naoto. Saat kemudian ia mengetahui jati diri Naoto yang sebenarnya, ia menjadi semakin head over heels pada Naoto dan berusaha melindungi Naoto sebisa mungkin.
Keterlibatan pertamanya dengan upaya pemecahan kasus pembunuhan adalah ketika dia sendiri menjadi target pembunuhan dan terlempar masuk ke dalam dunia di balik televisi.
Shadow Kanji merepresentasikan keinginan Kanji untuk diterima apa adanya baik oleh laki-laki maupun perempuan, yang selama ini tersembunyi di balik sifat kasar dan tidak pedulian yang ia tunjukkan.


Rise Kujikawa

Arcana: Lovers
Persona: Himiko, Kanzeon 

Rise merupakan artis terkenal di Jepang dan populer dengan sebutan Risecchi atau Risette. Ia lelah dengan dunia showbiz yang mengharuskannya mematikan emosinya dan memasang topeng berupa wajah penuh senyum sepanjang waktu. Rise merasa kehilangan jati dirinya sendiri dan kehilangan arah tujuan hidupnya sehingga ia memutuskan untuk rehat dan tinggal di rumah neneknya, sebuah toko tofu tradisional di Inaba.
Keterlibatan awalnya dengan Yu dkk adalah karena ia menjadi sasaran pembunuhan misterius di Inaba. Rise yang terlempar ke dunia di balik televisi justru kemudian membantu Yu dkk untuk menyelamatkan Kuma.
Rise sangat memahami Kuma, karena seperti Kuma, ia juga tidak tahu siapa dirinya yang sebenarnya. Dengan bantuan teman-temannya, Rise menerima kondisinya saat ini dan mencoba go with the flow. Ia memutuskan untuk kembali ke dunia showbiz setelah misteri pembunuhan di Inaba terpecahkan.
Rise adalah gadis yang ceria, sering berlaku kekanakan dan manja pada Yu. Ia sangat menyukai ganmodoki (semacam tofu yang bentuknya bulat) dan menjadikan ganmodoki sebagai strap ponselnya. 
Shadow Rise merepresentasikan keinginan Rise agar semua orang melihat dirinya sebagai Rise saja, bukan sebagai Risette, yang selama bertahun-tahun harus ia represi demi karirnya sebagai selebriti.


Naoto Shirogane

Arcana: Fortune
Persona: Sukuna-hikona, Yamato-takeru 
 
Cool, keren dan misterius. Naoto dijuluki sebagai ‘tantei-ouji’ alias ‘detective prince’ karena kepiawaiannya memecahkan berbagai macam misteri di seantero Jepang walaupun usianya masih sangat muda. Naoto dikirim ke Inaba untuk membantu Dojima memecahkan misteri pembunuhan misterius di Inaba.
Naoto sejak awal sudah dapat memperkirakan bahwa Kanji dan Rise merupakan target pembunuhan dan sempat berusaha mengorek informasi dari Yu dkk, namun ia baru benar-benar memahami alur kejadian yang sebenarnya saat ia sendiri menjadi target pembunuhan dan terlempar ke dunia di balik televisi.
Naoto sejak kecil selalu dikelilingi oleh buku-buku misteri milik kakeknya. Kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan saat ia masih kecil dan ia buruk soal bergaul dengan teman sebayanya sehingga ia tumbuh menjadi pribadi penyendiri.
Naoto memiliki imej sendiri tentang detektif yang ideal dan ia benci menerima kenyataan bahwa ia sesungguhnya adalah wanita, karena itu bertentangan dengan imej idealnya. Naoto mati-matian menutupi segala hal yang berbau feminin dalam sehingga semua orang mengira dia adalah laki-laki. Kepiawaiannya sebagai detektif juga seringkali membuat koleganya iri sehingga ia juga sulit percaya pada orang lain. Setelah terlibat banyak dengan Yu dkk, Naoto menjadi lebih terbuka dan mau menerima dirinya sendiri sebagai wanita, dan remaja. 
Shadow Naoto merepresentasikan keinginan Naoto untuk menerima dirinya sendiri yang tidak terlahir sebagai laki-laki, yang selama ini ia represi demi keinginannya memenuhi imej detektif yang ideal.



-Other Arcana-

Nanako Dojima

Arcana: Justice

Putri semata wayang dari Ryutarou Dojima, dan sepupu dari Yu. Ia segera akrab dengan Yu dan memanggil sepupunya itu ‘nii-chan’ alias ‘big bro’. Nanako adalah gadis kecil yang sangat mandiri karena sejak kecil ia hanya tinggal berdua dengan ayahnya, karena ibunya meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Nanako sangat menyayangi Yu, karena keberadaan Yu menyebabkan rumah Dojima tak lagi sepi.
Walaupun nampak tegar dan ceria, Nanako sebenarnya sangat kesepian. Ia ingin ayahnya lebih sering di rumah (yang seringkali tidak terwujud). Karena itu Nanako sempat kecewa saat menemukan Yu membantu seorang gadis (Sayako) karena ia takut perhatian Yu padanya akan terbagi.
Nanako akrab dengan teman-teman Yu, dan terutama adalah Kuma, karena Kuma memakai ‘kostum’ beruang yang menurutnya sangat lucu. Nanako sangat suka pergi ke Junes, dan hal ini membuat Yosuke terharu XD
Nanako menjadi target pembunuhan setelah Naoto dan terlempar ke dunia di balik televisi. Yu dkk berhasil menemukannya dan membawa Nanako yang dalam kondisi kritis ke rumah sakit, namun (pada versi game dengan bad ending) nyawanya tidak tertolong.


Ryutarou Dojima

Arcana: Hierophant

Dojima adalah ayah yang sesungguhnya sangat protektif dan menyayangi Nanako, namun kewajibannya sebagai detektif seringkali membuat ia nampak tidak peduli pada Nanako. Dojima sangat terpukul atas kematian istrinya dan berjuang keras hingga saat ini menemukan pelaku tabrak lari yang mengambil sang istri dari kehidupannya. 
Yu menyadarkan Dojima bahwa yang dibutuhkan Nanako bukanlah sang ayah menemukan pelaku pembunuh ibunya, namun keberadaan Dojima sendiri di sisi Nanako.
Dengan insting detektifnya, Dojima mencurigai adanya hubungan antara Yu dengan kasus pembunuhan misterius di Inaba. Kecurigaannya terbukti saat ia menemukan surat ancaman yang ditujukan pada Yu, sehingga ia membawa Yu ke kantor polisi untuk dinterogasi


Margaret

Arcana: Empress
Persona: unknown

Residen Velvet Room sekaligus asisten dari Igor. Margaret nampak selalu membawa Compendium, sebuah buku tebal yang berisikan Arcana sekaligus Persona yang didapat oleh Yu. Margaret selalu nampak misterius dan banyak memuji Yu atas keberhasilannya sedikit demi sedikit memecahkan misteri pembunuhan di Inaba.
Margaret (pada versi game) menantang Yu untuk mengalahkannya lewat pertarungan Persona. Seperti halnya Yu, Margaret mampu mensummon berbagai macam Persona dalam Compendium.


Kou

Arcana: Strength

Kou adalah kapten klub basket di Inaba Koukou (SMA Inaba) dan selalu kebingungan karena peminat klub basket yang hanya sedikit. Kou adalah sahabat dekat Daisuke (yang selalu pakai plester di hidungnya), yang merupakan kapten klub sepakbola. Keduanya sering saling mengisi kekosongan anggota di klub masing-masing saat pertandingan.
Kou naksir Chie dan sempat minta pada Yu untuk membantu ‘mendekatkan’ dia dengan Chie. pada versi game, Arcana Strength dimiliki oleh Kou dan Daisuke, namun di anime, hanya dimiliki oleh Kou, sedangkan Daisuke hanya ditampilkan sebagai sahabat Kou.


Ai Ebihara

Arcana: Moon

Manajer klub basket yang punya trackrecord buruk di sekolah karena sering bolos saat pelajaran. Ai juga merupakan murid pindahan di Inaba Koukou. Kepopuleran Ai di Inaba setara dengan Yukiko, namun bedanya, Ai mendapatkannya setelah perjuangan keras. Ai dulunya sangat gemuk dan mendapat julukan ‘buta-hara’  alias ‘piggy-hara’, sehingga ia kemudian memutuskan untuk membeli sejumlah besar majalah mode, melakukan diet ketat dan belajar mempercantik diri.
Ai jatuh cinta pada Kou saat Kou membela dirinya di klub, namun dengan segera patah hati saat tahu Kou naksir Chie. Ai kemudian memaksa Yu menjadi ‘pacar’-nya, namun perlahan paham bahwa ia masih ingin bersama Kou. Ia pun mencoba menjadi pribadi yang lebih baik agar Kou suatu saat pindah hati padanya.


Naoki Konishi

Arcana: Hangingman 

Adik laki-laki Saki Konishi yang benci setengah mati pada Yosuke. Ia menganggap Junes merampas keberlangsungan toko sake tradisional milik keluarganya dan Yosuke mengubah kakaknya menjadi ‘pengkhianat keluarga’. Naoki juga benci pada Yu karena Yu bersahabat dengan Yosuke. Ia tersentuh saat Yosuke (dkk) menunjukkan kepedulian mereka padanya dan kemudian mulai menerima Yosuke (dkk) sebagai temannya.


Kitsune

Arcana: Hermit

Kitsune dalam bahasa Indonesia berarti serigala (fox). Kitsune adalah serigala yang tinggal di Kuil Inaba, dan ia pertama kali bertemu Nanako saat ia terserang ‘flu’. Nanako kemudian memberikan payungnya pada Kitsune agar Kitsune tidak kehujanan, namun payung tersebut rusak tertabrak mobil. Kitsune kemudian bertemu dengan Yu yang sedang mencari pekerjaan paruh waktu untuk membelikan Nanako payung yang baru.
Pada versi game, Kitsune dapat mengikuti Souji (Yu) ke dunia di balik televisi dan mampu menyembuhkan Souji (Yu) dkk dengan ‘magic leaf’. Kitsune (versi game) juga dapat membantu Souji (Yu) mengabulkan permintaan yang diajukan Souji (Yu) ke kuil.


Sayako

Arcana: Devil

Sesuai dengan Arcananya, perawat satu ini di versi gamenya memang hobi merayu Souji (Yu) yang kerja paruh waktu sebagai janitor di rumah sakit Inaba. Pada versi anime, Sayako digambarkan hanya sedikit genit (gak segenit di game).
Sayako lelah dengan pekerjaannya sebagai perawat. Ia merasa semua pasien yang telah sembuh pasti akan lupa pada dirinya. Sayako merasa sangat dihargai saat ia merupakan orang pertama yang ditelepon oleh Yu saat Eri (ibu Yuuta) terluka. Ia merasa bahagia karena Yu mengingatnya.
Pada versi game, Sayako mendaftarkan diri sebagai sukarelawan di medan perang dan meninggalkan Inaba.


Hisano

Arcana: Death

Pada versi game, ia pertama kali bertemu dengan Souji (Yu) yang bekerja sebagai janitor. Sedangkan pada versi anime, ia bertemu dengan Yu yang menolongnya saat ia terluka di depan kuil Inaba.
Baginya, wajah Yu mirip dengan wajah suaminya yang telah meninggal dunia. Ia berusaha melupakan suaminya dengan cara membuang hiasan rambut pemberian suaminya ke sungai. Yu kemudian mengambilnya kembali dan mengembalikan hiasan rambut tersebut padanya. Ia kemudian teringat pada kebahagiaan saat menerima hiasan rambut tersebut sehingga ia memutuskan untuk tidak melupakan suaminya dan tetap melanjutkan hidup.


Eri

Arcana: Temper

Ibu muda ini merupakan penghuni baru di Inaba setelah ia menikah dengan suaminya. Ia tinggal di Inaba dengan putra dari suaminya dengan istri sebelumnya, Yuuta. Ia terus berusaha menjadi ibu yang baik untuk Yuuta, namun ia terus merasa gagal. Eri baru menyadari bahwa Yuuta menyayanginya saat ia terluka di festival musim panas, dan Yu berusaha menghentikan perdarahan di kepalanya.


Ayane Matsunaga

Arcana: Sun

Gadis kalem dan pemalu ini adalah kouhai Yu di Inaba Koukou. Ia adalah pemain trombon di klub musik. Pada versi game, ia mengenal Souji (Yu) saat Souji (Yu) memutuskan untuk masuk klub musik, sedangkan pada versi anime, ia mengenal Yu setelah bola yang ditendang Yu tanpa sengaja mengenainya.
Ia memiliki krisis kepercayaan diri dan selalu merasa dirinya menjadi penghambat bagi orang-orang sekitarnya. Ia sebenarnya terpilih menjadi pemain trombon untuk bunkasai di Inaba Koukou, namun ia memilih mundur dan membiarkan pemain trombon lain menggantikan posisinya. Yu kemudian membelanya agar ia tetap menjadi pemain trombon di bunkasai, namun ia menolak, walaupun mengakui bahwa ia sangat berterima kasih pada kesediaan Yu membela dirinya.
Pada versi game, Arcana Sun dimiliki oleh Ayane atau seorang anggota klub drama bernama Yumi. Pada versi anime, hanya Ayane yang memiliki Arcana Sun, dan Yumi hanya muncul sebagai kameo di salah satu episodenya saja.



-Other Characters-

Igor

Jika tokoh-tokoh lain adalah pemain, Igor adalah dirijen dari petualangan Yu, atau lebih tepatnya, ia adalah dirijen dari serial Persona karena tokoh Igor ini selalu muncul dalam setiap seri. Ia adalah pemiliki Velvet Room, dan hanya memberikan kunci Velvet Room pada ‘erabareshimono’ alias ‘the chosen one’ yang dalam hal ini adalah Yu. Igor banyak memberikan petunjuk-petunjuk klise sepanjang petualangan Yu.


Adachi

Arcana: unknown

Adachi adalah partner Dojima dalam memecahkan misteri pembunuhan di Inaba. Sebagai detektif muda, Adachi terbilang ceroboh dan tidak punya rem saat bicara sehingga seringkali membuat Dojima marah besar. Ia akrab dengan Yu dan Nanako karena sering bertandang ke rumah Dojima untuk makan malam ataupun minum sake. Ia juga mengenal teman-teman Yu dan sempat bersama-sama Yu dkk berusaha melindungi Rise dari fansnya (yang dicurigai sebagai pembunuh misterius).
Adachi sesungguhnya menaruh hati pada Mayumi Yamano, presenter yang menjadi korban meninggal pertama dalam kasus pembunuhan misterius di Inaba.


Aika

Tokoh Aika merupakan kreasi original anime, karena tidak muncul pada game maupun manga. Aika adalah putri pemilik warung tradisional Aiya di Inaba dan ia melayani delivery service apapun dan dimanapun dan dengan cara apapun. Aika juga bekerja paruh waktu di penginapan Amagiya dan warung ramen di Pulau Tatsumi.



Namatame

Namatame adalah kekasih Mayumi Yamano, korban pertama pembunuhan misterius di Inaba. Ia menjadi depresi setelah kematian Mayumi dan kemudian menemukan dirinya memiliki kekuatan menembus batas dunia di balik televisi. Namatame kemudian menggunakan kekuatan tersebut untuk ‘menyelamatkan’ orang-orang yang menurutnya diincar oleh pembunuh dengan caranya sendiri


Morokin

Alias: King Moron.
Nama aslinya adalah Kinshiro Morooka. Mantan wali kelas Yu, Yosuke, Chie dan Yukiko. Ia adalah guru yang paling tidak disukai oleh murid karena berlaku seenaknya sendiri. Ia mati terbunuh oleh Kubo. Kematiannya justru memberikan petunjuk pada Yu dkk tentang misteri pembunuhan di Inaba.



Moritsuko Kubo

Kubo naksir berat pada Yukiko dan berusaha membuat Yukiko menyadari keberadaannya. Ia berusaha membuat sensasi dengan cara membunuh Morokin dan menempatkan mayatnya dengan cara serupa dengan posisi mayat Mayumi Yamano dan Saki Konishi saat ditemukan.
Kubo kemudian secara misterius terlempar ke dunia di balik televisi dan nyaris memerangkap Yu yang menemukannya. Kubo mengakui bahwa ialah yang membunuh Morokin, namun ia tidak dapat membuktikan bahwa ialah yang membunuh Mayumi Yamano dan Saki Konishi.



Pesan Moral

“Bonds of people is the true power” adalah pesan moral terpenting dari anime ini. 
Yu tidak bakal bisa menyelesaikan kasus di Inaba sendirian, ia juga tidak mungkin menyelamatkan para target sendirian. Tapi karena Yu memiliki Yosuke, Chie, dan teman-temannya yang lain, ia mampu memecahkan misteri di Inaba dan melindungi orang-orang terdekatnya.

Ikatan dengan orang lain kadang nampak tidak penting bagi beberapa orang. Terkadang kita terlampau cuek dan menganggap tidak perlu berinteraksi dengan orang lain. Namun kita adalah manusia. Kita tidak bisa hidup sendirian. Kita pasti suatu saat akan butuh orang lain. Apalah guna harta berlimpah dan popularitas jika sebenarnya kita kesepian?


Waktu satu tahun yang dimiliki Yu di Inaba ia habiskan dengan sebisa mungkin membuat setiap harinya berarti dan tak terlupakan. Waktu adalah roda yang tidak bisa berhenti, bagaimanapun kita memohon dan memintanya menunggu kita barang sejenak. Waktu bakal terus bergulir. Maka ada baiknya kita mengisi setiap hari kita dengan baik sehingga kita tidak akan menyesali ketika hari itu telah pergi.

Setiap orang diciptakan tidak sempurna. Semua orang memiliki sisi diri yang disembunyikan. Setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi pribadi yang diterima dan disukai.
Tidak selamanya yang nampak baik itu baik, dan tak selamanya yang nampak buruk itu benar-benar buruk.
Kebijaksanaan dalam menghadapi hidup akan selalu kita perlukan, agar kita tidak buru-buru menjudge seseorang ini bahagia karena nampak bahagia, atau seseorang ini buruk karena dia nampak telah melakukan hal yang buruk. 
Lebih bijak jika kita bertanya, meluangkan waktu untuk mendengarkan alasan dan uneg-uneg orang lain sebelum melakukan judgement.

Diri kita adalah diri kita, dengan segala kekurangan dan kelebihan. Karena kita tidak sempurna, kita akan butuh orang lain. Yang terpenting adalah kita menerima diri kita apa adanya. Karena toh, bukan cuma kita kok yang tidak sempurna


 Review saya

Sebagai yang pernah memainkan game Persona 4, saya sudah sangat familiar dengan Persona. Menurut saya ada dua kekuatan besar dari anime ini:

Pertama adalah alur ceritanya yang dinamis.  
Isi cerita tidak bertele-tele, tapi juga tidak terlalu tergesa-gesa. Tidak juga terlalu mengeksplor Yu sebagai tokoh utama. Setiap tokohnya memiliki ‘jatah’ sendiri, dan dieksplor dalam jumlah sesuai dengan yang seharusnya. Penokohannya juga solid, sehingga perbedaan kepribadian antar tokoh bener-bener kelihatan. Tokoh Yu juga tidak digambarkan begitu perfect seperti halnya di game. Yu juga banyak kekurangan, dan sering dapat peran mbanyol XD -->> ini penting karena saya lebih suka penokohan Yu lebih luwes kayak gini 
 
Selain itu, walaupun ceritanya tentang pembunuhan misterius, tapi alur ceritanya tidak melulu soal pemecahan misteri. Kesulitan-kesulitan Yu sebagai ‘manusia biasa’ juga diceritakan, termasuk lika-liku ujian semesteran di sekolah, bagaimana Yu berusaha membantu memecahkan masalah internal teman-temannya, juga kegiatan klub, school camp dan study tour Inaba Koukou. 
Kehidupan Yu dalam keluarga Dojima juga menarik untuk disimak. Saya sempat terharu pas Nanako melarikan diri ke Sungai Samegawa karena menganggap Dojima lebih mementingkan kasus kriminal dibanding dirinya.

Kedua, adalah grafiknya. Top abis deh.  
Aluuusss… dan keren XD Aniplex emang kereeeenn XD. Perpaduan 2D dan 3Dnya bagus banget. Perbedaan cuaca juga digambarkan dengan baik. Battle juga keren. Manjain mata deh pokoknya *thumbsup*

Tapi, saya cukup kecewa karena ternyata para manusia pemilik Persona berasa gak berguna kalau sudah masuk dunia TV. Pada versi game, para manusia pemilik Persona juga ikutan battle, sedangkan pada anime cuma Personanya saja yang battle. Jadi saya ndak bisa lihat Kuma pake cakarnya sambil lompat-lompat ToT

Overall, anime ini tetep menjadi anime favorit saya, barengan sama Fairy Tail dan School Rumble. Thumbsup! Thumbsup!


Endnote

Dan itulah tadi review saya tentang Persona 4 The Animation. Saat ini anime ini sedang on-going dan saya masih rajin menunggu updatean setiap minggunya.
Walaupun formatnya anime, tapi anime ini sarat makna, gak cuman melulu battle dan battle tapi juga menceritakan kehidupan Yu dkk ‘sebagai manusia biasa’ dengan segala kerumitannya. 
Pokoknya anime ini recommended buat yang suka cerita yang ringan tapi berbobot (eh… gimana itu ringan tapi berbobot yak? Ya intinya gak terlalu dark, gak terlalu angst, tapi tetep penuh pesan tentang hidup, persahabatan, dan keluarga.

SUPER RECOMMENDED!!


Sumber : darimanasaja
Gambar : siennra

Screencapture lainnya bisa dilihat disini

3 komentar:

  1. hwaaa... Narukami... nanti dia sama siapa ya?

    dari karakter2 diatas, aku suka Chi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di game tuh bisa pilih mbak, mau jadi pacarnya siapa, yukiko apa chie apa rise apa naoto. aku udah coba kalo sama yukiko dan sama naoto.

      seru kalo sama naoto, tapi kasian kanji XD

      aku suka chie, tp aku suka kalo dia sama yosuke, mantep!! XD

      Hapus
  2. Nice banget postingannya om !
    perfect pokoknya dah...

    gw juga suka banget ama game persona4,,
    awalnya coba-coba, lama-lama suka-suka...

    gw sekarang lagi nungguin episode trakhir Persona 4 the Animation, biar ga mati penasaran lagi...

    by : ReaN' (itu mas budi nama temen)..

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca, have a good day!

siennra

Foto saya

I am Enneagram type 7 with ENTP, highly imaginative, lots of flight of ideas, yield many hobbies and skills, and unsurprisingly extraordinary. Yes, why do people even bother to define themselves as ordinary while every soul is downright created as extraordinary? :p