Selasa, 30 Desember 2014

My Song of the Year

Surprisingly bukan Owl City, hahaha :D
My song of the year adalah tembang milik BoA berjudul: 

'Masayume Chasing'

Oke begini penjelasannya:
  • Masayume artinya berasal dari kata 'yume' yang dalam bahasa Jepang artinya 'mimpi'
  • 'Masayume' adalah istilah Jepang yang artinya 'mimpi yang terwujud' (kata Mbah Gugel 'dream that comes true'). Beberapa translator menyebutkan arti kata 'masayume' sebagai 'true dream'
  • Jika dipasang bersama kata 'Chasing' maka artinya kurang lebih adalah 'mengejar mimpi hingga mimpi tersebut terwujud'
Dirilis tahun 2014 sekitar bulan April, lagu ini nyantol waktu saya kebetulan nonton salah satu anime yang dirilis di bulan tersebut. Yupi, ini adalah opening song dari salah satu anime paling booming di tanah Doraemon sana. Bagian yang paling nyantol saat saya pertama kali dengar adalah lirik baris pertamanya:

'yume no otte mayoikonda kokoro no mori no oku'

Oke begini penjelasannya:
  • 'Yume' seperti yang telah saya jelaskan, artinya 'mimpi'
  • 'Yume no otte' adalah bentuk partikel kata kerja yang artinya 'mengejar mimpi'
  • 'Mayoikonda' artinya 'tersesat' 
  • 'Kokoro' secara umum sudah diketahui artinya adalah 'hati'
  • 'Mori' artinya adalah 'hutan'
  • 'Oku' artinya 'jutaan'
  • Jika digabung semua, maka 'yume no otte mayoikonda kokoro no mori no oku' artinya adalah 'saya mengejar mimpi, lalu tersesat dalam hutan jutaan hati,' (nah kan? Bahasa Indonesia itu kadang ndak ekspresif... mari dirubah ke bahasa yang lebih ekspresif: "I chased my dream and got lost inside the forest of million hearts" nah... better, hahaha :p)
Dari mana saya belajar Bahasa Jepang? Most of the time, otodidak. dengan satu setengah tahun ikut ekskul Bahasa Jepang waktu SMA.

Terkait Masayume Chasing, ada blog yang bagus sekali translate-nya: nih vahliahimelyrics.blogspot.com. Lirik aslinya juga ada di blog yang sama.

Oh, dan kalau ingin lihat OV-nya ada di YouTube, but, uh... sungguh beda dari ekspektasi saya saat pertama kali dengar lagu ini.
Korea banget! Ya iya sih, BoA asli Korea, hahaha, tapi kan liriknya Bahasa Jepang jadi bayangan saya duluuu... OV-nya akan berbau Jepang juga. 
Yang ternyata tidak, hahahaha :D

Btw, saya bukan fans artis Korea. Saya cuma betah sekali nonton OV-nya habis itu cukup dengar mp3nya saja.
The OV is cute, but not really my taste.

Maybe because I am a girl, ahaha :p

Well, whatever.
Still, this is my song of the year.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah membaca, have a good day!