Kamis, 12 Maret 2015

IM vs Pulsakuuu...

Kalau ada hal yang paling menghabiskan pulsa di hape saya maka itu adalah game online dan instant messaging, terutama, IM group. Hahaha :D

Tergabung dalam suatu grup instant messaging adalah hal yang sangat lazim saya alami beberapa tahun belakangan ini. Alasan ketergabungan saya dengan grup tersebut adalah karena profesi yang sama, acara yang sama, atau pemikiran yang sama,

Ada juga beberapa grup yang sebenarnya tidak ingin saya masuki tapi entah bagaimana nama saya tercantum pula disitu, hahaha :p

Selalu ada grup yang akan ramai sepanjang tahun.
Lalu ada juga grup yang sepi di bulan keempat didirikan.
Dan ada juga grup yang walaupun sepi tapi akan tetap menunjukkan empati saat salah satu berbicara.

All kinds of group.

Dalam sebuah grup, biasanya ada yang vokal dan ada yang pasif. Ada yang tengah tengah juga sih..
Mereka yang vokal biasanya adalah sumber informasi, sedangkan mereka yang pasif biasanya adalah orang yang males buka hape dan baca satu per satu IM (seperti saya misalnya, kalo ndak japri biasanya saya buka beberapa jam kemudian, kecuali kondisi urgent dan emergency).

Keuntungan dari grup IM adalah persebaran informasi yang cepat. Instant messaging adalah bagian tak terpisahkan dari pengumuman, hehe..
Kerugiannya adalah saya tidak bisa keluar masuk grup seenaknya.

Hahaha :D

Ada grup yang isi pembicaraannya agak... hmm.. agak nonsense (straight-o, hahaha) tapi by the name of respect, saya menahan diri untuk tidak mengomentari hal nonsense tersebut. Walaupun kadang akhirnya lose control juga sih, hahaha XD
Biasanya saya suka keberadaan grup macam ini karena walaupun isinya sering nonsense, bisa jadi bahan melepas stres.

Ada grup yang isinya nggosip... dan ini adalah hal yang pasti membuat saya me-mute grup itu terus menerus. Saya tidak merasa perlu untuk tahu setiap detil hal yang dikerjakan orang.
End of comment.

Ada grup yang isinya orang orang yang tidak kenal betul satu sama lain, maka saat seorang anggota grup tadi mendapatkan achievement (yang sebenarnya saya tahu sudah didapat oleh anggota yang lain sejak dulu) seisi grup tersebut akan amazed dan menganggap itu adalah kali pertama achievement tersebut didapat oleh anggota grup tsb.

Ada grup yang isinya orang galau. Satu orang yang paling galau akan terus menerus memberikan ceramah untuk (maksudnya sih) mengatasi kegalauan tersebut. Padahal sebenarnya... saya tidak galau dengan apa yang ia galaukan, haha..
Tapi ya itu, respect membuat saya tidak walk out to hanya sekedar mute saja :p
Lucunya, hihihi... beliau yang vokal ini akhirnya bisa mengatasi kegalauannya, dan sekarang sering memberi ceramah agar anggota grup yang lain tidak galau "karena semua akan indah pada akhirnya".

Ada kalanya juga isi pembicaraan di grup tadi tanpa sengaja terasa nyelekit. Tapi ya itu, walaupun saya sudah gatal ingin keluar dari grup tadi, namun atas nama respek, saya masih bertahan juga akhirnya.
Walaupun di kepala saya sering bermunculan ide untuk exit exit exit.

Yeah, all kinds of group.

Terkadang, orang akan membuat persona dirinya sendiri dalam sebuah grup, yang kadang jauh banget bedanya dengan dirinya yang asli.
Mungkin itu yang membuat saya agak males berkomentar di beberapa grup yang isinya "ceramah" karena saya tahu si penceramah ini sebenarnya tidak se-angelic itu, hahaha :D
Oke oke, saya menghargai upayanya untuk menyebarkan kebaikan pada orang lain... tapi sampai batas tertentu. Ya, sampai batas tertentu saja :p

Sering juga, saya dijapri sama satu dua orang yang merasa tidak puas dengan hasil pembicaraan di dalam sebuah grup. Entah kenapa jadinya awkward..
Jika di satu sisi grup IM bermaksud membuat orang bisa mewadahi aspirasi bersama, di sisi lain IM juga bisa mematikan vokal dari mereka yang merasa minoritas.
Walaupun tidak jarang ada juga sih minoritas yang vokal dan tahan bantahan :)

Biasanya saya dapat predikat silent reader, terutama dari beberapa grup yang sudah lama saya masuki (revise: dimasukkan sama admin, apalagi di grup yang isinya bengkerengan (I don't even care about any nonsense they are arguing, hahaha :p).

Namun tentu saja,
Ada beberapa grup yang saya suka. Biasanya ini adalah grup dari teman-teman lama saya, atau grup yang isinya adalah rekan-rekan seprofesi yang memiliki visi misi yang sama.
Mohon catat tulisan 'visi misi yang sama' diatas, bukan visi misi sendiri yang dipaksakan harus jadi visi misi bersama dengan alasan apapun.

Grup yang saya sukai adalah grup yang objektif dan saling mengutamakan kepentingan bersama.
Catat, kepentingan bersama, bukan kepentingan eksis, hahaha :p

Finally,

Saya mbuat postingan ini tanpa ada maksud mengomentari secara spesifik satu dua grup yang saya ikuti. Well, ada banyak sekali grup di IM saya lho, walaupun beberapa grup membuat saya jengah, grup-grup lainnya membuat saya nyaman dan tertawa juga.

IM is not bad, asal dalam porsi 'yang dianjurkan'.

Btw, mungkin karena saya seperti inilah maka saya termasuk satu dari beberapa orang yang tahan tidak pakai BB maupun BBM for Android sampai hari ini. For a note, saya pernah install BBM di android saya, hanya untuk saya uninstall sebulan kemudian karena masalah baterai. Hehehe :D

---
written out of the blue as a response of useless constant update of some groups, what a waste of pulsa -___-"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah membaca, have a good day!